Pendidikan Ujian

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya #4

0 Comments
Home
Pendidikan
Ujian
Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya #4
Berikut ini Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya nomor 46 sampai 55, tetapi bisa juga di gunakan sebagai contoh untuk Uji Kompetensi Guru Pertama ke Guru Muda. Soal UKKJ ini memiliki pola yang sama pada bobot nilai atau skor yang paling tinggi.

Dengan memahami pola pada contoh soal Uji Kompetensi Guru ini dapat memberi gambaran pada rekan-rekan guru yang akan menghadapi Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ)

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya

Berikut contoh Soal UKKJ Guru Muda ke Madya, soal no.46 sampai 55

46. Satu orang tua kurang yakin dengan nilai peserta didik yang sudah diberikan setiap kali Anda memberikan penjelasan mengenai hasil capaian pembelajaran. Anda sudah mencoba membenahi cara penyampaian dengan belajar dari salah satu guru yang lebih kompeten dalam berkomunikasi, tetapi orang tua tersebut tetap meragukan informasi yang diberikan. Tindakan Anda adalah ....

Pilih salah satu:

a) Mencoba untuk bersabar dan menjawab dengan tenang pertanyaan dari orang tua peserta didik

b) Mencoba mencari data-data tambahan untuk memperkuat penjelasan mengenai hasil evaluasi sehingga orang tua bisa lebih yakin

c) Meminta saran dari guru lain yang lebih kompeten untuk bisa menyesuaikan cara berkomunikasi pada orang tua dengan lebih baik

d) Menjelaskan kembali dengan bahasa yang lebih mudah sesuai dengan pemahaman yang ada

e) Meyakinkan orang tua peserta didik bahwa nilai yang didapat sudah berdasarkan hasil asesmen objektif terhadap peserta didik

Jawaban :

Tindakan yang paling efektif adalah:

Mencoba mencari data-data tambahan untuk memperkuat penjelasan mengenai hasil evaluasi sehingga orang tua bisa lebih yakin.

Dengan menyediakan data tambahan yang mendukung penjelasan Anda, Anda memberikan bukti konkret yang dapat membantu orang tua memahami dan mempercayai hasil capaian pembelajaran. Ini menunjukkan bahwa Anda bersikap transparan dan siap mendukung penjelasan Anda dengan informasi yang lebih detail.

47. Anda sebagai guru melakukan refleksi pemahaman peserta didik dari materi yang telah diajarkan. Hasil refleksi menunjukkan sebagian besar peserta didik cukup memahami materi, tetapi banyak yang mempertanyakan manfaat dari materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Agar peserta didik mendapat pemahaman tentang pengaplikasian materi pembelajaran, hal yang Anda lakukan adalah ....

Pilih salah satu:

a) merencanakan di setiap pertemuan untuk menjelaskan kontekstual dan praktik di kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang disampaikan

b) mendiskusikan dengan guru lain terkait hasil refleksi yang diperoleh untuk mendapatkan saran yang dapat dilakukan untuk perbaikan selanjutnya

c) mengajak orang tua peserta didik untuk menjadi guru tamu yang memberikan pembelajaran tentang aplikasi materi di pekerjaan mereka

d) meninjau kembali alur pembelajaran yang dilakukan dengan memastikan di setiap pembelajaran peserta didik disampaikan manfaat dari materi yang akan dipelajari

e) mengecek kembali materi pembelajaran untuk melihat materi yang dapat dijadikan projek yang bekerja sama dengan pihak luar

Jawaban :

Tindakan yang paling tepat adalah:

Merencanakan di setiap pertemuan untuk menjelaskan kontekstual dan praktik di kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang disampaikan.

Dengan merencanakan untuk menghubungkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari, Anda membantu peserta didik melihat relevansi dan aplikasi praktis dari apa yang mereka pelajari, sehingga meningkatkan pemahaman dan motivasi mereka.

48. Anda telah mengikuti pelatihan intensif tentang pembelajaran berbasis proyek. Anda memutuskan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek yang mendorong kemampuan kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah peserta didik. Setelah berjalan beberapa waktu, Anda menyadari bahwa peserta didik tidak menunjukkan peningkatan yang diharapkan. Apa yang akan Anda lakukan?

Pilih salah satu:

a) Memastikan bahwa proyek telah sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingkat keterampilan peserta didik, dan mencakup konteks materi yang relevan.

b) Mengikuti pelatihan tambahan untuk meningkatkan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek yang efektif bagi peserta didik.

c) Berkolaborasi dengan rekan guru yang telah menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk mendapatkan wawasan baru dalam memperbaiki pembelajaran.

d) Mengenali kebutuhan dan gaya belajar peserta didik untuk mengganti pendekatan pembelajaran agar lebih sesuai dengan karakteristik setiap peserta didik.

e) Berkomunikasi dengan orang tua tentang proyek-proyek yang dilakukan dan meminta dukungan orang tua untuk membimbing anak-anak mereka di rumah.

Jawaban :

Tindakan yang paling tepat adalah:

Memastikan bahwa proyek telah sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingkat keterampilan peserta didik, dan mencakup konteks materi yang relevan.

Dengan memastikan proyek sesuai dengan tujuan pembelajaran dan keterampilan peserta didik, Anda dapat menilai apakah proyek tersebut efektif dan relevan dalam konteks materi yang diajarkan. Ini juga membantu Anda mengevaluasi apakah proyek tersebut benar-benar mendorong kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah sesuai yang diharapkan.

49. Agar pemanfaatan teknologi dapat lebih bijak dan tidak terjadi penyalahgunaan teknologi, Anda mengawali untuk memanfaatkan aplikasi interaktif berbasis teknologi untuk memudahkan peserta didik mengakses isu terkini yang kemudian dijadikan bahasan dalam konten pembelajaran. Namun, terbatasnya fasilitas dan minimnya pengetahuan guru menjadikan metode ini kurang optimal sehingga guru lain juga belum memiliki bayangan teknis untuk menerapkannya. Apa tindakan Anda?

Pilih salah satu:

a) Mengajak guru lain memperkaya referensi praktik baik untuk mengembangkan konten interaktif yang dapat digunakan secara bersama.

b) Fokus untuk melanjutkan strategi belajar tersebut di kelas saya sebagai upaya peningkatan antusias belajar siswa dengan harapan guru lain mengikutinya.

c) Mengadakan pelatihan internal bagi rekan guru mengenai cara mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran dan berbagai praktik baik yang bisa dilakukan.

d) Mencari bantuan seorang ahli teknologi yang dapat mengatasi kendala teknis yang mungkin muncul selama penggunaan aplikasi interaktif.

e) Meminta kepala sekolah atau pihak terkait untuk menambah fasilitas baik di kelas maupun sekolah agar pembelajaran optimal dan guru lain dapat memanfaatkannya.

Jawaban :

Tindakan yang paling tepat adalah:

Mengadakan pelatihan internal bagi rekan guru mengenai cara mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran dan berbagai praktik baik yang bisa dilakukan.

Dengan mengadakan pelatihan internal, Anda dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru lain dalam memanfaatkan teknologi. Ini juga membantu mereka memahami dan menerapkan metode yang sama dalam pembelajaran, serta mengatasi kendala teknis yang mungkin dihadapi. Pelatihan ini dapat memperkaya referensi praktik baik dan memastikan penggunaan teknologi yang efektif di seluruh sekolah.

50. Ditandai dari 5,00 Tandai pertanyaan Teks soal Berdasarkan telaah materi pembelajaran yang akan Anda rancang, terdapat beberapa materi yang akan dijadikan proyek. Namun, berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya, tidak semua peserta didik senang dengan pengerjaan proyek karena akan membutuhkan biaya tambahan. Tidak hanya mata pelajaran Anda saja, tetapi juga mata pelajaran lain pun ada penugasan proyek. Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut?

Pilih salah satu:

a) Berkomunikasi dengan peserta didik untuk memberikan pengertian bahwa proyek dapat dilakukan dengan bahan yang sederhana.

b) Mencari tahu jumlah proyek yang dilakukan di mata pelajaran lain untuk mengurangi jumlah penugasan proyek di mata pelajaran saya.

c) Tetap melaksanakan pembelajaran proyek sesuai telaah yang dilakukan karena menjadi bagian implementasi kurikulum merdeka.

d) Bekerja sama dengan guru mata pelajaran lain dengan materi yang saling berkaitan untuk pembuatan proyek bersama.

e) Meminta saran dari guru yang berpengalaman dan telah mengikuti pelatihan penerapan pembelajaran proyek.

Jawaban:

Tindakan yang paling efektif adalah:

Bekerja sama dengan guru mata pelajaran lain dengan materi yang saling berkaitan untuk pembuatan proyek bersama.

Dengan bekerja sama, Anda dapat mengurangi beban proyek pada peserta didik dengan menyatukan beberapa proyek menjadi satu yang lebih terintegrasi dan relevan. Ini tidak hanya mengurangi biaya tambahan yang mungkin diperlukan, tetapi juga membantu peserta didik melihat keterkaitan antara berbagai mata pelajaran dan meningkatkan pengalaman belajar mereka secara keseluruhan.

51. Anda mengajar di sebuah kelas dengan peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan beragam. Selama pelajaran, Anda memberikan tugas yang melibatkan kolaborasi kelompok. Salah satu peserta didik terlihat mengalami kebingungan dan tidak berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Rekan-rekan Anda juga menceritakan hal yang sama tentang peserta didik tersebut. Bagaimana tindakan Anda?

Pilih salah satu:

a) Melibatkan teman sebaya untuk menjadi mentor atau rekan belajar dengan memberikan penjelasan secara lebih informal bagi peserta didik yang mengalami kesulitan.

b) Menemui peserta didik tersebut secara pribadi setelah pelajaran untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dalam memahami perspektif dan kebutuhan peserta didik.

c) Memberi kesempatan bagi peserta didik yang kurang aktif berbicara dengan mengajukan pertanyaan terbuka yang merangsang partisipasi dari seluruh kelas.

d) Mengamati faktor-faktor tertentu yang mungkin menjadi penyebab kebingungan peserta didik dengan memperhatikan dan mencermati interaksi peserta didik dalam kelompok.

e) Bekerja sama dengan rekan guru dalam menyediakan dukungan dengan menciptakan lingkungan yang saling mendengarkan dan menghargai semua pendapat peserta didik.

Jawaban :

Tindakan yang paling tepat adalah:

Menemui peserta didik tersebut secara pribadi setelah pelajaran untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dalam memahami perspektif dan kebutuhan peserta didik.

Dengan cara ini, Anda dapat memahami secara lebih mendalam alasan di balik kebingungan peserta didik dan memberikan dukungan yang lebih terfokus sesuai dengan kebutuhan individu mereka. Ini juga membantu membangun kepercayaan dan membuat peserta didik merasa diperhatikan serta didukung secara pribadi.

52. Anda memperhatikan salah satu peserta didik yang sering kali membantah salah satu guru mata pelajaran hanya karena guru tersebut kurang tegas. Anda sudah pernah meminta peserta didik tersebut untuk tidak mengulanginya, tetapi tindakan tersebut masih terus dilakukan. Guru tersebut merasa tidak keberatan dan memaklumi sikap peserta didik tersebut padanya. Apa yang akan Anda lakukan?

Pilih salah satu:

a) Mengatakan pada guru tersebut untuk tidak begitu saja memaklumi tindakan peserta didik yang kurang baik.

b) Meminta guru tersebut untuk melaporkan tindakan peserta didik tersebut pada pihak sekolah agar bisa ditindaklanjuti.

c) Bekerja sama dengan guru tersebut untuk menentukan tindakan yang perlu dilakukan dalam upaya menindaklanjuti perilaku peserta didik.

d) Memberikan konsekuensi pada peserta didik tersebut agar merasa jera dan tidak mengulangi tindakan serupa.

e) Mempelajari lebih lanjut karakter dari peserta didik tersebut untuk bisa lebih memahami alasannya bertindak demikian.

Jawaban :

Bekerja sama dengan guru tersebut untuk menentukan tindakan yang perlu dilakukan dalam upaya menindaklanjuti perilaku peserta didik.

53. Anda memperhatikan salah satu peserta didik yang sering kali membantah salah satu guru mata pelajaran hanya karena guru tersebut kurang tegas. Anda sudah pernah meminta peserta didik tersebut untuk tidak mengulanginya, tetapi tindakan tersebut masih terus dilakukan. Guru tersebut merasa tidak keberatan dan memaklumi sikap peserta didik tersebut padanya. Apa yang akan Anda lakukan?

Pilih salah satu:

a) Mengatakan pada guru tersebut untuk tidak begitu saja memaklumi tindakan peserta didik yang kurang baik.

b) Meminta guru tersebut untuk melaporkan tindakan peserta didik tersebut pada pihak sekolah agar bisa ditindaklanjuti.

c) Bekerja sama dengan guru tersebut untuk menentukan tindakan yang perlu dilakukan dalam upaya menindaklanjuti perilaku peserta didik.

d) Memberikan konsekuensi pada peserta didik tersebut agar merasa jera dan tidak mengulangi tindakan serupa.

e) Mempelajari lebih lanjut karakter dari peserta didik tersebut untuk bisa lebih memahami alasannya bertindak demikian.

Jawaban :

Tindakan yang paling tepat adalah:

Bekerja sama dengan guru tersebut untuk menentukan tindakan yang perlu dilakukan dalam upaya menindaklanjuti perilaku peserta didik.

Mengapa? Tindakan ini memungkinkan Anda untuk berkoordinasi dengan guru yang bersangkutan dalam mencari solusi yang konsisten dan efektif. Dengan mendiskusikan langkah-langkah yang perlu diambil bersama, Anda dapat memastikan bahwa semua guru memiliki pendekatan yang sama dalam menangani masalah ini, sehingga menghindari kesan ketidakkonsistenan dan mendukung penciptaan lingkungan belajar yang lebih baik.

54. Anda menyampaikan hasil asesmen tingkat kecerdasan peserta didik pada orang tua. Hasil ini dapat menjadi catatan bagi orang tua untuk bersama-sama memberikan dukungan bagi peserta didik. Tetapi, orang tua merasa hasil tersebut tidak sesuai dengan kondisi peserta didik dan justru membuat mereka tidak termotivasi dalam belajar. Apa yang Anda lakukan?

Pilih salah satu:

a) Membuat pertemuan lanjutan dengan orang tua untuk mendiskusikan kondisi peserta didik dari sudut pandang orang tua.

b) Mencoba mencari referensi asesmen lain yang mungkin lebih menggambarkan kondisi peserta didik.

c) Mencocokan ketepatan hasil asesmen dengan kegiatan belajar mengajar sehari-hari di kelas.

d) Mendatangkan ahli yang lebih kompeten untuk menjelaskan hasil asesmen tingkat kecerdasan pada orang tua.

e) Memberikan pemahaman kepada orang tua bahwa hasil asesmen dilakukan hanya merupakan data tambahan saja bagi orang tua.

Jawaban :

Tindakan yang paling tepat adalah:

Membuat pertemuan lanjutan dengan orang tua untuk mendiskusikan kondisi peserta didik dari sudut pandang orang tua.

Mengapa? Pertemuan lanjutan memungkinkan Anda untuk mendengarkan kekhawatiran orang tua secara langsung dan memberikan kesempatan untuk membahas hasil asesmen dalam konteks yang lebih luas. Ini juga membantu Anda memahami persepsi orang tua dan memberikan penjelasan yang lebih baik tentang bagaimana hasil asesmen dapat digunakan secara konstruktif. Dengan cara ini, Anda dapat bekerja sama dengan orang tua untuk menyusun strategi yang mendukung motivasi dan perkembangan peserta didik secara lebih efektif.

55. Anda adalah guru di sebuah sekolah yang bertanggung jawab untuk mengorganisir kegiatan kolaboratif antarkelas. Peserta didik dari kelas berbeda akan bekerja secara bersama-sama pada proyek yang melibatkan penggunaan taman sekolah. Setiap kelompok akan dibimbing oleh guru yang berbeda. Peserta didik pada beberapa kelompok tampak kesulitan dalam memahami konsep proyek yang dapat menghambat proses mereka. Bagaimana solusi Anda?

Pilih salah satu:

a) Menyediakan sumber belajar tambahan, seperti artikel, video, atau materi ajar interaktif yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep proyek.

b) Memfasilitasi diskusi kelompok kecil di antara peserta didik untuk memastikan bahwa setiap anggota kelompok memahami konsep proyek dan dapat saling mendukung.

c) Menyediakan petunjuk langkah demi langkah yang jelas mengenai bagaimana peserta didik dapat melibatkan diri ke dalam proyek tersebut.

d) Menyelenggarakan rapat tengah proyek bersama guru pembimbing untuk mengidentifikasi masalah setiap kelompok dalam memperbaiki pemahaman konsep proyek peserta didik.

e) Meminta bantuan tukang kebun sekolah untuk membuat contoh proyek serupa dalam mengimplementasikan konsep untuk memberikan pandangan praktis kepada peserta didik.

Jawaban :

Solusi yang paling efektif adalah:

Menyelenggarakan rapat tengah proyek bersama guru pembimbing untuk mengidentifikasi masalah setiap kelompok dalam memperbaiki pemahaman konsep proyek peserta didik.Mengapa? Rapat tengah proyek memungkinkan Anda dan guru pembimbing untuk mengevaluasi kemajuan setiap kelompok, mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi, dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Ini juga memberikan kesempatan untuk berbagi strategi dan solusi di antara para guru, sehingga dapat memberikan bimbingan yang lebih tepat dan terkoordinasi untuk membantu peserta didik memahami konsep proyek secara lebih baik.

Lanjut ke soal 56 sampai 65 klik di SINI

No comments