Pendidikan Ujian

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya #8

0 Comments
Home
Pendidikan
Ujian
Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya #8
Berikut ini Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya nomor 81 sampai 87, tetapi bisa juga di gunakan sebagai contoh untuk Uji Kompetensi Guru Pertama ke Guru Muda. Soal UKKJ ini memiliki pola yang sama pada bobot nilai atau skor yang paling tinggi.

Dengan memahami pola pada contoh soal Uji Kompetensi Guru ini dapat memberi gambaran pada rekan-rekan guru yang akan menghadapi Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) 

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya

Berikut contoh soal UKKJ Guru Muda ke Madya nomor 81 sampai 87

81. Anda adalah seorang guru di salah satu SMP yang mendapati peserta didik dengan perilaku bermasalah seperti sering bolos sekolah, terlambat datang ke sekolah, memiliki perilaku melawan guru, bahkan pernah mengikuti tawuran. Peserta didik tersebut salah satunya adalah Andi yang sering membuat marah dan kecewa para guru di kelas karena perilakunya. Saat pembelajaran berlangsung, Andi sering mengganggu peserta didik lain, tidak memperhatikan pembelajaran, dan sering membantah Anda serta guru lainnya di kelas. Namun, setelah diselidiki penyebab dari perilaku menyimpang yang dilakukan oleh Andi adalah karena latar belakang kondisi keluarga Andi yang kurang harmonis. Andi kurang mendapatkan perhatian dan dukungan dari keluarga terutama orang tuanya karena kedua orang tuanya sibuk bekerja.

Meskipun penyebab masalah dari perilaku Andi sudah diketahui, kesulitan menghadapi perilaku Andi masih menjadi suatu permasalahan. Masalah yang cukup besar adalah bahwa Andi dengan beberapa peserta didik lainnya mengikuti tawuran dengan SMP lain hingga mengakibatkan salah satu peserta didik (teman Andi) terluka parah.

Sekolah merupakan tempat belajar yang seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk belajar, tetapi kejadian tersebut memunculkan kekhawatiran dan juga ketakutan, baik dari peserta didik maupun orang tua. Diperlukan berbagai upaya untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Perlu adanya pengawasan para guru, kepala sekolah, orang tua, dan peserta didik demi menjaga keamanan dan keselamatan para peserta didik baik di sekolah maupun di luar sekolah.



Soal Belum dijawab Ditandai dari 4,00 Tandai pertanyaan Teks soal Bagaimana sikap Anda dalam mengelola emosi ketika menghadapi peserta didik seperti Andi?

  • Saya berkonsultasi dengan guru BK perihal cara yang tepat dalam pengelolaan emosi untuk menghadapi perilaku peserta didik yang bermasalah seperti Andi. 
  • Saya mencari bahan bacaan atau referensi online mengenai manajemen emosi dan pengelolaan perilaku peserta didik untuk diterapkan di kelas. 
  • Saya mengusulkan forum komunitas belajar untuk saling berbagi pengalaman dalam menghadapi perilaku Andi agar dapat mengendalikan amarah. 
  • Saya bertanya kepada rekan sejawat yang dapat menghadapi Andi di kelas dengan baik dan tanpa kehilangan kendali atau marah selama proses pembelajaran.

Jawaban :

Saya berkonsultasi dengan guru BK perihal cara yang tepat dalam pengelolaan emosi untuk menghadapi perilaku peserta didik yang bermasalah seperti Andi.

Konsultasi dengan guru BK adalah langkah yang tepat karena mereka memiliki keahlian dalam mengelola emosi dan menangani perilaku peserta didik yang bermasalah. Ini memungkinkan Anda mendapatkan saran dan strategi yang efektif dalam menghadapi situasi tersebut secara profesional, sehingga Anda dapat mengelola emosi Anda dengan lebih baik dan menghadapi Andi dengan pendekatan yang konstruktif.

82. Berdasarkan situasi pada teks di atas, bagaimana upaya Anda untuk memahami situasi yang dialami Andi?

  • Saya bekerja sama dengan guru BK untuk mencari solusi atas perilaku Andi yang bermasalah dan memberikan dukungan kepada Andi. 
  • Saya mengajak guru lainnya untuk berusaha memahami dan memperhatikan Andi lebih dekat serta menjalin komunikasi yang baik dengan Andi. 
  • Saya mencari tahu penyebab munculnya perilaku Andi yang bermasalah selama proses pembelajaran dengan bertanya langsung kepadanya. 
  • Saya menanyakan kepada guru BK perihal kondisi yang dialami dan perasaan yang dirasakan oleh Andi yang menyebabkan perilaku Andi yang bermasalah.
Jawaban :

Saya mencari tahu penyebab munculnya perilaku Andi yang bermasalah selama proses pembelajaran dengan bertanya langsung kepadanya.

Memahami penyebab perilaku Andi dengan bertanya langsung kepadanya adalah langkah yang penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut. Ini membantu Anda memahami perspektif Andi dan memberikan dasar yang lebih baik untuk merancang intervensi yang sesuai. Tindakan ini juga dapat memperlihatkan bahwa Anda peduli dan terbuka untuk mendengarkan masalah yang dihadapi Andi.

83. Berdasarkan teks tersebut, untuk memastikan kasus tawuran tidak terulang lagi, upaya yang Anda lakukan adalah …

  • Saya bekerja sama dengan peserta didik sebagai sumber informasi untuk membentuk pengawasan yang dapat dilakukan di luar pengawasan para guru. 
  • Saya saling berbagi tugas dengan rekan sejawat untuk melakukan sosialisasi mengenai larangan dan konsekuensi bagi peserta didik yang ikut tawuran. 
  • Saya mengusulkan kepada kepala sekolah untuk membentuk pembentukan satuan tugas yang bertujuan melakukan supervisi kegiatan peserta didik di luar sekolah. 
  • Saya berkoordinasi dengan orang tua peserta didik untuk mengawasi kegiatan para peserta didik setelah kegiatan pembelajaran di sekolah telah selesai.

Jawaban :

Saya mengusulkan kepada kepala sekolah untuk membentuk pembentukan satuan tugas yang bertujuan melakukan supervisi kegiatan peserta didik di luar sekolah.

Pembentukan satuan tugas yang khusus menangani pengawasan kegiatan peserta didik di luar sekolah dapat membantu mencegah kejadian tawuran dan memastikan keamanan peserta didik. Dengan adanya tim yang fokus pada pengawasan dan pencegahan, sekolah dapat mengidentifikasi potensi masalah lebih awal dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari kejadian serupa di masa depan.

84. Anda sebagai seorang guru SMP menemukan seorang peserta didik bernama Ahmad menghadapi berbagai hambatan belajar. Ahmad berasal dari latar belakang sosial yang cukup beragam dengan kedua orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik dengan penghasilan yang terbatas. Keluarga Ahmad menjalani kehidupan dengan penuh nilai-nilai budaya dan agama yang kental. Sayangnya, Ahmad menghadapi tantangan besar dalam proses belajar di sekolah. 

Meskipun sudah berada di jenjang SMP, Ahmad masih kesulitan dalam membaca dan menulis dengan baik. Ahmad membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memahami sebuah teks bacaan yang kompleks. Dalam memahami suatu teks kompleks, Ahmad perlu memahami kata per kata, kemudian memahami per kalimat, hingga akhirnya ia dapat memahami keseluruhan teks tersebut. Sedangkan dalam kemampuan menulis, Ahmad memiliki masalah dalam menulis beberapa huruf, seperti saat menulis sebuah kata ada huruf yang hilang, huruf kurang jelas bentuknya, atau tertukar dalam menulis huruf-huruf tertentu. Hal tersebut membuatnya tertinggal dibandingkan dengan teman-teman sekelasnya.

Kesulitan Ahmad bukan hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup pemahaman terhadap materi pembelajaran. Kondisi ini membuatnya sering merasa frustasi dan kurang percaya diri di kelas. Karena rasa kurang percaya diri ini, Ahmad tidak aktif dalam kelas dan sulit untuk menyesuaikan diri di kelas.

Meskipun berusaha keras, Ahmad tampaknya sulit menangkap konsep-konsep yang diajarkan sehingga perlu pendekatan pembelajaran yang lebih kreatif dan berfokus pada kebutuhannya. Latar belakang ekonomi keluarga Ahmad juga menjadi kendala. Ahmad tidak memiliki akses terhadap sumber daya pembelajaran tambahan seperti buku, komputer, atau kursus privat. Hal ini memberikan hambatan tambahan dalam memperbaiki kemampuan membaca dan menulisnya.

Selain itu, Ahmad juga mengalami kendala yang disebabkan karena latar belakang ekonomi keluarganya, ketika sekolah sedang mengadakan kegiatan belajar di luar kelas terkadang membutuhkan biaya pribadi, akibatnya Ahmad sering tidak mengikuti kegiatan belajar di luar kelas karena masalah biaya.

Sudah menjadi peran sekolah untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik, oleh karena itu diperlukannya upaya yang dilakukan dari guru maupun sekolah untuk bisa membantu Ahmad dalam menunjang proses pembelajarannya, agar Ahmad dapat menjalani proses pembelajarannya dengan optimal sama seperti teman-teman sekelasnya.


Soal Belum dijawab Ditandai dari 4,00 Tandai pertanyaan Teks soal Apa upaya yang akan Anda lakukan untuk membantu hambatan belajar yang dialami Ahmad?

  • Saya akan bekerja sama dengan teman-teman sekelas Ahmad untuk membantu mengajarkan Ahmad dalam membaca dan menulis agar memudahkan Ahmad untuk mengikuti proses pembelajaran. 
  • Saya akan mengatur sesi pembelajaran kelompok agar teman kelompok Ahmad menjadi tutor sebaya, sehingga mereka dapat saling membantu dan mendukung Ahmad dalam proses pembelajaran. 
  • Saya akan berkoordinasi dengan rekan sejawat untuk memberikan tugas tambahan yang mendukung peningkatan kemampuan membaca dan menulis Ahmad dalam proses pembelajaran. 
  • Saya akan bersinergi dengan rekan sejawat untuk memberikan kelas tambahan menulis dan membaca serta menyesuaikan materi pembelajaran di kelas dengan metode yang tepat untuk Ahmad.

Jawaban :

Saya akan bersinergi dengan rekan sejawat untuk memberikan kelas tambahan menulis dan membaca serta menyesuaikan materi pembelajaran di kelas dengan metode yang tepat untuk Ahmad.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memastikan bahwa Ahmad mendapatkan dukungan yang lebih terfokus dan spesifik untuk meningkatkan keterampilannya dalam membaca dan menulis. Kelas tambahan dan penyesuaian metode pembelajaran akan membantu Ahmad dengan materi yang lebih sesuai dengan kebutuhannya, dan pendekatan ini dapat mengurangi frustrasi serta meningkatkan kepercayaan dirinya.

85. Bagaimana strategi pembelajaran yang akan Anda terapkan agar sesuai dengan kebutuhan belajar Ahmad?

  • Saya akan berkoordinasi dengan teman sekelas Ahmad untuk membantu meminjamkan perangkat penunjang proses pembelajaran. 
  • Saya akan bersinergi dengan rekan sejawat untuk merancang desain pembelajaran yang mempertimbangkan keterbatasan ekonomi peserta didik. 
  • Saya akan menghubungi pihak sekolah untuk membantu menyediakan sumber daya yang diperlukan, seperti bantuan beasiswa atau bantuan alat pembelajaran. 
  • Saya akan memanfaatkan fasilitas perpustakaan sekolah untuk memberikan akses kepada Ahmad terhadap buku dan materi pembelajaran yang diperlukan.

Jawaban :

Saya akan bersinergi dengan rekan sejawat untuk merancang desain pembelajaran yang mempertimbangkan keterbatasan ekonomi peserta didik.

Pendekatan ini akan memastikan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan memperhitungkan dan mengatasi keterbatasan yang dihadapi Ahmad, baik dalam hal sumber daya yang terbatas maupun kebutuhan khusus dalam pembelajaran. Melibatkan rekan sejawat dalam merancang desain pembelajaran yang inklusif akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan mendukung bagi Ahmad.

86. Bagaimana upaya Anda berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk membantu meningkatkan kemampuan Ahmad?

  • Saya akan mendorong rekan sejawat menggunakan pendekatan pembelajaran diferensiasi agar materi pelajaran disesuaikan dengan tingkat pemahaman Ahmad. 
  • Saya akan berkoordinasi dengan rekan sejawat untuk memberikan sesi khusus pelajaran tambahan yang telah disesuaikan dengan pemahaman Ahmad. 
  • Saya berdiskusi dengan rekan sejawat mengenai metode pembelajaran yang tepat untuk Ahmad dengan mencoba dan mencari metode pembelajaran yang efektif. 
  • Saya akan mencari video atau materi yang sesuai gaya belajar Ahmad, dan membagikannya kepada rekan sejawat untuk mendukung pembelajaran Ahmad.

Jawaban :

Saya akan berkoordinasi dengan rekan sejawat untuk memberikan sesi khusus pelajaran tambahan yang telah disesuaikan dengan pemahaman Ahmad.

Upaya ini akan memastikan bahwa Ahmad mendapatkan dukungan tambahan yang diperlukan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca dan menulis, dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan khususnya. Sesi tambahan ini juga dapat dirancang untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan Ahmad dengan pendekatan yang lebih personal dan terfokus.

87. Berdasarkan teks tersebut, Anda sebagai rekan Pak Rudi juga menghadapi situasi serupa. Upaya yang Anda lakukan dalam situasi tersebut adalah …

  • Saya bersama Pak Rudi menyusun alur tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. 
  • Saya dan Pak Rudi akan mengembangkan jaringan dalam komunitas belajar untuk saling berbagi pengalaman dan strategi pembelajaran yang berhasil dalam menangani masalah literasi dan numerasi. 
  • Saya mengusulkan untuk menerapkan strategi pembelajaran dari guru yang lebih berpengalaman untuk menangani peserta didik yang mengalami hambatan belajar kemampuan literasi dan numerasi. 
  • Saya merancang berbagai strategi pembelajaran bersama dengan Pak Rudi melalui komunitas belajar untuk selanjutnya diterapkan dalam penyusunan tujuan dan strategi pembelajaran.

Jawaban :

Saya bersama Pak Rudi menyusun alur tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

Langkah ini akan membantu merancang pendekatan yang spesifik untuk mengatasi hambatan yang dihadapi peserta didik dalam literasi dan numerasi. Dengan menyusun alur tujuan dan strategi pembelajaran bersama, Anda dan Pak Rudi dapat memastikan bahwa materi dan metode yang digunakan lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.

Demikian contoh soal UKKJ Guru Muda ke Madya yang dapat di gunakan sebagai bahan belajar menjelang UKKJ mendatang

No comments