Pendidikan Ujian

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya #6

0 Comments
Home
Pendidikan
Ujian
Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya #6
Berikut ini Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya nomor 66 sampai 75, tetapi bisa juga di gunakan sebagai contoh untuk Uji Kompetensi Guru Pertama ke Guru Muda. Soal UKKJ ini memiliki pola yang sama pada bobot nilai atau skor yang paling tinggi.

Dengan memahami pola pada contoh soal Uji Kompetensi Guru ini dapat memberi gambaran pada rekan-rekan guru yang akan menghadapi Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ)

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya

Berikut contoh soal UKKJ Guru Muda ke Madya dari nomor 66 ke 75

66. Berdasarkan kesepakatan belajar, ketika ada peserta didik yang terlambat mengumpulkan tugas akan dikenai pengurangan nilai. Namun, dalam kenyataannya, Anda memberikan toleransi kepada beberapa peserta didik yang terlambat mengumpulkan tugas karena alasan sakit. Setelah berdiskusi dengan rekan guru, mereka merasa hal tersebut akan membuat peserta didik kurang disiplin. Namun, Anda merasa bahwa alasan dari peserta didik tersebut cukup kuat sehingga tidak memberlakukan pengurangan nilai. Apa langkah selanjutnya yang akan Anda ambil?

Pilih salah satu:

a) Membuat peraturan yang lebih ketat seperti meminta surat keterangan dokter untuk setiap alasan sakit yang diberikan oleh peserta didik.

b) Merumuskan langkah yang lebih efektif bersama dengan rekan guru lain dalam menindaklanjuti perilaku peserta didik yang melanggar kesepakatan belajar.

c) Mengevaluasi diri agar bisa bersikap tegas terhadap perilaku pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik sehingga mereka lebih disiplin.

d) Memberikan penjelasan kepada rekan guru bahwa hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan karena kondisi peserta didik yang memang tidak memungkinkan.

e) Mengingatkan peserta didik mengenai pentingnya menjaga komitmen untuk menaati kesepakatan belajar yang sudah dibuat di awal.

Jawaban :

Pilihan terbaik dalam situasi ini adalah "Merumuskan langkah yang lebih efektif bersama dengan rekan guru lain dalam menindaklanjuti perilaku peserta didik yang melanggar kesepakatan belajar."

Langkah ini menunjukkan pendekatan kolaboratif, di mana Anda melibatkan rekan-rekan guru untuk merumuskan kebijakan yang adil dan konsisten. Dengan begitu, Anda dapat mencapai keseimbangan antara memberikan toleransi kepada peserta didik yang memiliki alasan kuat, seperti sakit, dan tetap menegakkan disiplin sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat. Ini juga mendorong penerapan kebijakan yang lebih komprehensif dan adil bagi semua peserta didik.

67. Anda mencoba melatih kreativitas peserta didik dengan mengintegrasikan beberapa seni dalam pembelajaran disesuaikan dengan minat peserta didik. Metode ini merupakan hasil adaptasi Anda akan praktik baik yang dilakukan guru lain di komunitas Anda. Namun, para peserta didik mengaku merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan metode ini. Apa tindakan Anda?

Pilih salah satu:

a) Berkolaborasi dengan guru lain untuk meningkatkan kapasitas diri dalam merencanakan metode kreatif yang dapat dikembangkan.

b) Memberikan pemahaman yang lebih mendetail kepada peserta didik mengenai esensi metode ini agar mereka dapat menyesuaikan diri.

c) Mempelajari kembali metode ini secara lebih mendalam agar dapat menyesuaikan metode dengan kondisi dari peserta didik yang Anda ampu ini.

d) Mencari referensi metode lain yang inovatif untuk menggantikan metode yang selama ini Anda pakai dalam proses pembelajaran.

e) Memberikan jam tambahan kepada peserta didik yang membutuhkan waktu lebih lama dalam menyesuaikan diri dengan metode ini.

Jawaban :

Pilihan terbaik dalam situasi ini adalah "Mempelajari kembali metode ini secara lebih mendalam agar dapat menyesuaikan metode dengan kondisi dari peserta didik yang Anda ampu ini."

Tindakan ini menunjukkan refleksi diri dan upaya untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik. Dengan mempelajari kembali metode tersebut, Anda bisa memahami lebih baik tantangan yang dihadapi oleh peserta didik dan menemukan cara untuk mengadaptasinya agar lebih efektif dalam konteks kelas Anda. Ini juga mencerminkan fleksibilitas dan komitmen Anda untuk memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi peserta didik.

68. Tandai pertanyaan Teks soal Diskusi dengan guru pelajaran lain menunjukkan bahwa hasil salah satu asesmen peserta didik telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Namun, guru-guru lain sependapat bahwa peserta didik tersebut masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah. Selama ini peserta didik tersebut terbantu dalam memecahkan masalah melalui kegiatan tugas kelompok. Bagaimana cara anda menuliskan laporan yang objektif ?

Pilih salah satu:

a) Mengubah standar penilaian asesmen agar lebih komprehensif perbandingannya dengan metode pembelajaran lainnya.

b) Bersama guru lain menyusun laporan capaian pembelajaran peserta didik untuk mendapatkan rekomendasi pengembangan yang lebih komprehensif.

c) Membuat catatan khusus yang menggambarkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan pengamatan guru-guru lain.

d) Menuliskan laporan sesuai dengan hasil asesmen yang sudah terkumpul sesuai dengan prosedur penulisan yang sudah ditetapkan.

e) Mengkaji kembali seluruh hasil asesmen peserta didik tersebut untuk dibandingkan dengan asesmen diagnostik sebelum memulai pembelajaran.

Jawaban :

Pilihan terbaik untuk menuliskan laporan yang objektif dalam situasi ini adalah "Membuat catatan khusus yang menggambarkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan pengamatan guru-guru lain."

Tindakan ini menunjukkan bahwa Anda mengakui hasil asesmen formal tetapi juga menambahkan informasi penting dari pengamatan yang dilakukan oleh guru lain. Dengan begitu, laporan yang Anda buat lebih komprehensif dan mencerminkan kondisi sebenarnya dari peserta didik, terutama dalam hal kemampuan pemecahan masalah. Ini juga memungkinkan laporan yang diberikan menjadi lebih informatif dan bermanfaat bagi pengembangan peserta didik ke depannya.

69. Anda mendapatkan modul ajar dan asesmen yang disiapkan oleh sekolah. Akan tetapi, Anda menyadari ada yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik berdasarkan informasi yang didapatkan dalam formulir pendaftaran sehingga Anda mengembangkan modul ajar dan asesmennya. Akan tetapi, guru lain tetap menggunakan modul ajar dan asesmen yang disiapkan oleh sekolah. Tindakan Anda adalah ....

Pilih salah satu:

a) Berkonsultasi dengan kepala sekolah terkait kesesuaian modul ajar dan asesmen yang disediakan dengan karakteristik peserta didik

b) Meminta umpan balik dengan guru lain untuk mendapatkan solusi dari situasi yang sedang dialami.

c) Meninjau kembali modul ajar yang disediakan oleh sekolah dengan membandingkan dengan modul ajar dan asesmen yang anda buat

d) Mengajak guru tersebut untuk menelaah bersama modul ajar dan asesmen dengan kesesuaian karakteristik peserta didik

e) Menjalankan modul ajar dan asesmen yang disediakan oleh sekolah dengan mempertimbangkan penyesuaiannya.

Jawaban :

untuk situasi ini adalah "Mengajak guru tersebut untuk menelaah bersama modul ajar dan asesmen dengan kesesuaian karakteristik peserta didik."

Tindakan ini menunjukkan pendekatan kolaboratif, di mana Anda mengajak guru lain untuk bersama-sama meninjau dan mempertimbangkan modul ajar dan asesmen yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Dengan cara ini, Anda tidak hanya memastikan bahwa materi pembelajaran lebih tepat sasaran, tetapi juga menghargai perspektif dan pengalaman guru lain dalam proses pembelajaran.

70. Anda mendapati salah satu peserta didik sering tidur ketika pembelajaran dilaksanakan. Anda sudah menegurnya berkali-kali, tetapi ia tidak menunjukkan usaha untuk berubah. Bahkan tak jarang ia membentak Anda ketika diberi peringatan. Hal itu tentunya menjadikan Anda sulit untuk menahan amarah. Ternyata peserta didik tersebut juga sering tidur di pembelajaran yang lain, walaupun tidak separah ketika ada di pembelajaran Anda. Apa tindakan Anda?

Pilih salah satu:

a) Meminta saran kepada rekan guru lain mengenai perilaku yang seharusnya Anda lakukan dalam menangani permasalahan tersebut.

b) Menghimpun pengalaman penanganan para guru tersebut untuk meningkatkan kapasitas diri dalam melakukan manajemen emosi dengan stabil.

c) Meminta wali kelas terkait untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa perilaku tersebut tidak seharusnya ia lakukan kepada guru.

d) Mencari tahu penyebab perilaku peserta didik agar dapat dijadikan bahan evaluasi untuk orang tua ketika memberikan laporan hasil pembelajaran.

e) Mencoba mempelajari kembali pengendalian diri untuk tetap bersikap tenang walaupun terdapat reaksi berontak dari peserta didik.

Jawaban :

Tindakan yang paling efektif dalam situasi ini adalah "Mencari tahu penyebab perilaku peserta didik agar dapat dijadikan bahan evaluasi untuk orang tua ketika memberikan laporan hasil pembelajaran."

Memahami penyebab di balik perilaku peserta didik yang sering tidur saat pembelajaran dan membentak guru adalah langkah pertama yang penting. Dengan mencari tahu penyebabnya, Anda dapat menyusun strategi yang lebih tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, informasi ini dapat membantu dalam berdiskusi dengan orang tua dan mencari solusi bersama untuk mendukung peserta didik.

71. Anda mendapati kondisi peserta didik yang memiliki minat literasi rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda menyusun strategi pembelajaran dengan mewajibkan peserta didik untuk membaca satu lembar per harinya. Namun, peserta didik mengeluh karena mendapatkan tugas yang banyak dari guru lain sehingga tidak ada waktu untuk membaca buku. Tindakan Anda adalah ....

Pilih salah satu:

a) meninjau kembali penugasan yang diberikan dengan kondisi peserta didik dan kesesuaian strategi yang digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

b) bekerja sama dengan guru lain dalam memberikan tugas yang memperkuat literasi peserta didik.

c) menindaklanjuti tugas yang diberikan dengan menjelaskan maksud dan tujuan pentingnya membaca dalam proses pembelajaran

d) mengganti strategi pembelajaran dengan wajib membaca sebelum memulai pelajaran tanpa batasan minimal halaman.

e) melakukan kerja sama dalam penentuan tugas agar tidak membebani peserta didik dalam pembelajaran.

Jawaban :

Dalam situasi ini, langkah yang paling tepat adalah "meninjau kembali penugasan yang diberikan dengan kondisi peserta didik dan kesesuaian strategi yang digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran."

Meninjau kembali penugasan dan strategi yang digunakan akan membantu memastikan bahwa beban tugas tidak berlebihan dan bahwa strategi pembelajaran untuk meningkatkan literasi dapat diterapkan dengan efektif tanpa membebani peserta didik. Ini juga memberikan kesempatan untuk menyesuaikan strategi agar lebih sesuai dengan waktu dan kapasitas peserta didik.

72. Seorang peserta didik mendapatkan hasil yang baik dalam asesmen sumatifnya. Padahal, dalam proses pembelajaran ia seringkali tidak memperhatikan pembelajaran dan sering membuat kegaduhan di kelas. Anda sudah menasehatinya selama proses pembelajaran. Akan tetapi, tidak ada perubahan terhadap sikapnya bahkan guru lain juga mengeluhkan sikapnya. Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Pilih salah satu:

a) Mengobservasi penyebab sikapnya tersebut dengan bekerja sama dengan orang tuanya untuk mengetahui sikapnya di lingkungan dan juga dirumahnya.

b) Memberikan catatan khusus terhadap perilakunya di kelas dan tetap mengapresiasi hasil baik dari asesmen sumatifnya.

c) Berdiskusi dengan guru lain untuk menentukan tindakan dan penanganan yang tepat agar dapat membangun kesadaran bagi peserta didik.

d) Bekerja sama dengan guru lain untuk menindaklanjutinya dengan membimbing secara bersama untuk menyelaraskan dengan potensi akademiknya.

e) Mengajak peserta didik tersebut untuk berkomunikasi secara terbuka agar dapat diberikan pengarahan yang tepat kepadanya.

Jawaban :

Mengobservasi penyebab sikapnya tersebut dengan bekerja sama dengan orang tuanya untuk mengetahui sikapnya di lingkungan dan juga dirumahnya.

73. Seorang peserta didik mendapatkan hasil yang baik dalam asesmen sumatifnya. Padahal, dalam proses pembelajaran ia seringkali tidak memperhatikan pembelajaran dan sering membuat kegaduhan di kelas. Anda sudah menasehatinya selama proses pembelajaran. Akan tetapi, tidak ada perubahan terhadap sikapnya bahkan guru lain juga mengeluhkan sikapnya. Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Pilih salah satu:

a) Mengobservasi penyebab sikapnya tersebut dengan bekerja sama dengan orang tuanya untuk mengetahui sikapnya di lingkungan dan juga dirumahnya.

b) Memberikan catatan khusus terhadap perilakunya di kelas dan tetap mengapresiasi hasil baik dari asesmen sumatifnya.

c) Berdiskusi dengan guru lain untuk menentukan tindakan dan penanganan yang tepat agar dapat membangun kesadaran bagi peserta didik.

d) Bekerja sama dengan guru lain untuk menindaklanjutinya dengan membimbing secara bersama untuk menyelaraskan dengan potensi akademiknya.

e) Mengajak peserta didik tersebut untuk berkomunikasi secara terbuka agar dapat diberikan pengarahan yang tepat kepadanya.

Jawaban :

Dalam menghadapi situasi ini, langkah yang paling tepat adalah:

Mengobservasi penyebab sikapnya tersebut dengan bekerja sama dengan orang tuanya untuk mengetahui sikapnya di lingkungan dan juga di rumahnya.

Langkah ini penting karena memahami konteks yang lebih luas dari perilaku peserta didik—baik di sekolah maupun di rumah—dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikapnya. Ini memungkinkan Anda dan rekan-rekan guru untuk merancang intervensi yang lebih efektif dan terkoordinasi, serta melibatkan orang tua dalam mendukung perubahan perilaku di rumah.

74. Orang tua dari salah satu peserta didik Anda harus menjalani masa tahanan akibat penyalahgunaan keuangan di tempat kerja. Kondisi tersebut membuat peserta didik mengalami perundungan dan mendapat label sebagai anak koruptor. Sebagai guru, apa respons Anda terkait hal ini?

Pilih salah satu:

a) Memberikan teguran kepada peserta didik yang melakukan perundungan untuk menimbulkan efek jera dan menjadi peringatan bagi yang lain.

b) Mengajak berbicara dengan teman sebaya di kelas peserta didik untuk mendorong mereka untuk bersikap baik dan mendukung peserta didik.

c) Merumuskan kebijakan dengan seluruh perangkat sekolah yang mendukung lingkungan sekolah aman dan bebas diskriminasi.

d) Mengajak berbicara dengan peserta didik tentang apa yang terjadi untuk meyakinkannya bahwa dia tidak bersalah atas tindakan orang tuanya.

e) Memanggil orang tua untuk menyarankan agar belajar dari rumah dan memberi tugas mandiri sampai mentalnya kembali siap untuk bersekolah.

Jawaban :

Dalam situasi ini, tindakan yang paling tepat adalah:

Merumuskan kebijakan dengan seluruh perangkat sekolah yang mendukung lingkungan sekolah aman dan bebas diskriminasi.

Langkah ini penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan melindungi semua peserta didik dari perundungan dan diskriminasi. Dengan kebijakan yang jelas dan komprehensif, sekolah dapat memastikan bahwa semua peserta didik merasa aman dan didukung tanpa memandang latar belakang keluarga mereka. Selain itu, kebijakan ini membantu membangun kesadaran di antara staf dan peserta didik mengenai pentingnya menghormati dan mendukung satu sama lain.

75. Anda dan rekan dalam mata pelajaran yang sama diberi tugas untuk merancang kurikulum yang lebih terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Tujuannya adalah untuk membantu peserta didik untuk lebih memahami keterkaitan antarmata pelajaran. Anda dan rekan kesulitan dalam mencari berbagai literatur strategi efektif untuk mengintegrasikannya. Apa yang akan Anda lakukan?

Pilih salah satu:

a) Saya akan meminta guru dari mata pelajaran lain untuk merumuskan poin penting untuk dimasukkan ke kurikulum.

b) Saya akan mencari panduan kurikulum yang sudah ada secara daring dan menggunakannya sebagai referensi.

c) Saya akan mengikuti seminar yang berkaitan dengan metode untuk mengintegrasikan beberapa mata pelajaran.

d) Saya akan mengkombinasikan kurikulum yang baru dengan yang sudah ada untuk memperoleh rancangan.

e) Mengadakan pertemuan dengan rekan Saya untuk mengkaji semua tujuan pembelajaran antar mata pelajaran.

Jawaban :

Dalam menghadapi kesulitan dalam mencari literatur strategi yang efektif untuk integrasi kurikulum, tindakan yang paling sesuai adalah:

Saya akan mengikuti seminar yang berkaitan dengan metode untuk mengintegrasikan beberapa mata pelajaran.

Mengikuti seminar atau pelatihan akan memberikan Anda akses kepada pengetahuan terkini dan praktik terbaik dari ahli di bidang integrasi kurikulum. Seminar ini biasanya menawarkan strategi, teknik, dan alat yang telah terbukti efektif serta kesempatan untuk bertanya langsung kepada para ahli. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan pendidik lain yang mungkin mengalami tantangan serupa dan bisa berbagi pengalaman.

Soal UKKJ Guru Muda ke Madya nomor 76 sampai 85 klik di SINI

No comments