Pendidikan Ujian

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya #7

0 Comments
Home
Pendidikan
Ujian
Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya #7
Berikut ini Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya nomor 76 sampai 80, tetapi bisa juga di gunakan sebagai contoh untuk Uji Kompetensi Guru Pertama ke Guru Muda. Soal UKKJ ini memiliki pola yang sama pada bobot nilai atau skor yang paling tinggi.

Dengan memahami pola pada contoh soal Uji Kompetensi Guru ini dapat memberi gambaran pada rekan-rekan guru yang akan menghadapi Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ)

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Muda ke Madya

Berikut contoh soal UKKJ Guru Muda ke Guru Madya dari nomor 76 sampai 80

76. Di sebuah SMP yang menerapkan Kurikulum Merdeka, seorang guru berpengalaman bernama Ibu Siti Salimah menghadapi sejumlah tantangan dalam mengelola kelasnya. Pada kelas yang beliau ajar, peserta didik menunjukkan perilaku yang merugikan proses pembelajaran. 

Beberapa peserta didik seringkali datang terlambat ke sekolah. Keterlambatan ini tidak hanya merugikan mereka sendiri, tetapi juga mengganggu proses belajar mengajar di kelas. Tidak hanya itu, sejumlah peserta didik di kelas tersebut sering kali menciptakan masalah di kelas yang mengakibatkan gangguan terhadap peserta didik lainnya. 

Perilaku ini mencakup kelakuan mengganggu, misalnya bercanda di luar konteks, mengobrol tanpa henti, dan ketidakpatuhan terhadap aturan kelas yang mengakibatkan keributan di kelas sehingga peserta didik lain terganggu. Ibu Siti Salimah merasa kesulitan mengelola kedisiplinan kelasnya akibat berbagai bentuk perilaku mengganggu ini.

Setelah diselidiki, peserta didik yang berperilaku mengganggu tersebut memiliki masalah dalam keluarganya, seperti kurangnya suasana harmonis di rumah, kurangnya dukungan dari keluarga, orang tua yang sibuk, dll. Selain itu, observasi Ibu Siti Salimah terhadap kelasnya mengungkapkan bahwa beberapa peserta didik terlihat mengantuk di kelas. Mereka tampak kehilangan minat pada pembelajaran, bahkan saat materi yang diajarkan menarik.

Kondisi ini tidak hanya merugikan peserta didik yang bersangkutan, tetapi juga menciptakan tantangan baru dalam menyajikan pembelajaran yang menarik dan relevan. Salah satu hambatan yang dihadapi Ibu Siti Salimah adalah ketidakmampuannya untuk beradaptasi dengan baik terhadap Kurikulum Merdeka, misalnya belum mahir dalam mengoperasikan alat teknologi.

Sebagai guru yang telah memiliki pengalaman yang banyak, perubahan dalam pendekatan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar peserta didik menjadikannya kesulitan dalam pengelolaan kelas. Ibu Siti Salimah merasa tertantang untuk memahami konsep-konsep baru yang diterapkan dalam kurikulum tersebut.

Apa tindakan yang Anda akan lakukan untuk menghadapi peserta didik seperti pada kasus tersebut?

  • Saya akan bekerja sama dengan peserta didik lainnya di kelas tersebut untuk membantu menertibkan serta saling memperhatikan teman sekelasnya yang mengganggu proses pembelajaran. 
  • Saya akan berdiskusi dengan orang tua dan mengajak mereka bekerja sama dalam mendidik dan mendukung pembelajaran peserta didik di rumah, sehingga perlahan dapat mengubah perilakunya.
  • Saya akan bekerjasama dengan wali kelas untuk memberikan konsekuensi kepada peserta didik yang sulit berperilaku tertib selama proses pembelajaran di kelas berdasarkan kesepakatan kelas. 
  • Saya akan berkoordinasi dengan guru BK untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik agar menyadari dan memperbaiki perilakunya sehingga mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
Jawaban :

Dalam menghadapi situasi yang kompleks seperti ini, tindakan yang tepat adalah:

Saya akan berkoordinasi dengan guru BK untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik agar menyadari dan memperbaiki perilakunya sehingga mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Bekerja sama dengan guru Bimbingan dan Konseling (BK) memungkinkan penanganan masalah secara menyeluruh dan terintegrasi. Guru BK dapat memberikan dukungan tambahan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan perilaku, termasuk mengidentifikasi akar masalah dan merancang intervensi yang tepat. Selain itu, ini juga bisa membantu peserta didik untuk mengatasi masalah pribadi mereka yang mungkin mempengaruhi perilaku mereka di kelas. Ini memberikan pendekatan yang lebih mendalam dan profesional dalam menangani masalah yang kompleks dan berkelanjutan.

77. Berdasarkan teks tersebut, apa upaya yang Anda lakukan agar proses pembelajaran selanjutnya berlangsung dengan kondusif?

  • Saya akan berdiskusi dengan wali kelas untuk merancang strategi pembelajaran yang meningkatkan disiplin kelas dan menyusun langkah-langkah konkret untuk menangani perilaku peserta didik yang mengganggu. 
  • Saya akan mengawali pembelajaran dengan mengingatkan kontrak belajar serta menjelaskan kepada seluruh peserta didik pentingnya disiplin, dan dampak dari perilaku yang mengganggu terhadap proses pembelajaran. 
  • Saya akan bekerja sama dengan Guru BK untuk memberikan perhatian khusus kepada peserta didik yang mengganggu, mengidentifikasi penyebab perilaku yang mengganggu dan merencanakan tindakan yang sesuai. 
  • Saya akan memindahkan posisi duduk peserta didik, memberikan peringatan bagi peserta didik yang mengganggu dengan instruksi yang jelas, dan menggunakan isyarat non-verbal untuk mengalihkan perhatian.
Jawaban :

Dalam upaya untuk memastikan proses pembelajaran selanjutnya berlangsung dengan kondusif, tindakan yang terbaik adalah:

Saya akan berdiskusi dengan wali kelas untuk merancang strategi pembelajaran yang meningkatkan disiplin kelas dan menyusun langkah-langkah konkret untuk menangani perilaku peserta didik yang mengganggu.

Langkah ini akan membantu dalam merancang strategi yang komprehensif dan terintegrasi untuk meningkatkan disiplin kelas. Diskusi dengan wali kelas memungkinkan pembuatan rencana yang lebih menyeluruh dan inklusif, yang mempertimbangkan berbagai aspek dalam pengelolaan kelas dan keterlibatan peserta didik. Ini juga memberikan kesempatan untuk menyusun langkah-langkah konkret yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah perilaku secara sistematis dan berkelanjutan.

78. Sebagai rekan guru, saat mengetahui masalah yang dihadapi Bu Siti Salimah apa yang akan Anda lakukan untuk dapat membantunya?

  • Saya akan mengajak Bu Siti Salimah untuk aktif mengikuti kegiatan komunitas belajar bersama rekan sejawat lainnya agar dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya. 
  • Saya akan mengajak Bu Siti Salimah mempelajari bersama keterampilan atau kompetensi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan mengajar pada Kurikulum Merdeka. 
  • Saya akan membagikan informasi mengenai kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru kepada Bu Siti Salimah dalam pemanfaatan teknologi untuk proses pembelajaran. 
  • Saya akan membagikan semua pengalaman dan materi pembelajaran yang didapatkan dari komunitas belajar dan pelatihan yang diikuti sesuai kebutuhan Bu Siti Salimah.

Jawaban :

Untuk membantu Bu Siti Salimah dalam mengatasi masalah yang dihadapinya, tindakan terbaik adalah:

Saya akan mengajak Bu Siti Salimah mempelajari bersama keterampilan atau kompetensi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan mengajar pada Kurikulum Merdeka.

Langkah ini akan membantu Bu Siti Salimah secara langsung dalam memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan lebih baik, serta mempelajari keterampilan tambahan yang relevan dengan tantangan yang dihadapinya. Dengan mempelajari keterampilan dan kompetensi yang spesifik, Bu Siti Salimah dapat lebih efektif dalam mengelola kelas dan mengimplementasikan kurikulum dengan lebih baik.

79. Bapak Rudi seorang guru di kelas 7 di sebuah SMP menghadapi sejumlah tantangan kompleks dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah tingkat literasi dan numerasi yang rendah pada sebagian besar peserta didik. Kesulitan yang dialami peserta didik mencakup keterbatasan dalam membaca, menulis, dan memahami materi pembelajaran.

Struktur kalimat, kosakata, dan pemahaman keseluruhan teks menjadi kendala yang seringkali dihadapi oleh peserta didik yang mengakibatkan rendahnya tingkat literasi mereka. Di samping itu, kesulitan peserta didik berkaitan dengan pemahaman konsep matematika dan penerapan operasi numerik yang tepat memengaruhi kemampuan numerasi mereka.

Selain itu, Bapak Rudi menghadapi tantangan dengan peserta didik yang memiliki motivasi dan kemampuan berpikir kritis yang rendah. Mereka cenderung kurang termotivasi dan pasif dalam pembelajaran serta kesulitan dalam mengembangkan pemikiran kritis dan kemampuan analisis teks.

Hal tersebut terjadi berulang kali ketika para peserta didik harus menentukan sendiri topik pembahasan atau masalah yang akan dijadikan sebuah tugas projek. Beberapa peserta didik yang tidak berkontribusi disebabkan oleh ketidaktertarikan dan ketidaktahuan mereka mengenai hal yang ingin mereka pelajari. Bapak Rudi tidak memiliki pengalaman yang serupa sebelumnya, sehingga ia kebingungan mengatasi permasalahan tersebut.

Bapak Rudi juga menghadapi masalah lain, yaitu kurangnya pemahaman peserta didik tentang kemajuan belajar mereka karena kurangnya umpan balik. Hal ini membuat peserta didik sulit mengevaluasi diri sejauh mana mereka memahami materi atau kemampuan literasi dan numerasi mereka.

Akibatnya, motivasi mereka menurun dan kesulitan memperbaiki kelemahan. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi siswa dengan menyusun tujuan pembelajaran yang sesuai menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan rancangan evaluasi yang efektif untuk memperhatikan perkembangan kemampuan mereka.

Berdasarkan teks tersebut, Anda sebagai rekan Pak Rudi juga menghadapi situasi serupa. Upaya yang Anda lakukan dalam situasi tersebut adalah …

  • Saya bersama Pak Rudi menyusun alur tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. 
  • Saya dan Pak Rudi akan mengembangkan jaringan dalam komunitas belajar untuk saling berbagi pengalaman dan strategi pembelajaran yang berhasil dalam menangani masalah literasi dan numerasi. 
  • Saya mengusulkan untuk menerapkan strategi pembelajaran dari guru yang lebih berpengalaman untuk menangani peserta didik yang mengalami hambatan belajar kemampuan literasi dan numerasi. 
  • Saya merancang berbagai strategi pembelajaran bersama dengan Pak Rudi melalui komunitas belajar untuk selanjutnya diterapkan dalam penyusunan tujuan dan strategi pembelajaran. 

Tandai pertanyaan Teks soal Berdasarkan situasi yang diuraikan pada teks tersebut, peserta didik memiliki masalah dalam proses pembelajaran berbasis projek. Dalam situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

  • Saya akan bekerja sama dengan rekan sejawat untuk mencari tahu minat peserta didik di kelas tersebut dengan metode kontekstual dalam menentukan tema dalam pembelajaran berbasis projek. 
  • Saya akan berkonsultasi dengan guru BK terkait masalah tersebut, kemudian mencari solusi dengan melihat kemampuan peserta didik dari hasil asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran. 
  • Saya akan berbagi strategi komunikasi dengan rekan sejawat untuk diterapkan dalam pembelajaran berbasis projek yang menumbuhkan minat dan nalar kritis peserta didik di setiap sesi kelas. 
  • Saya akan membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok dengan berbagai pilihan tema yang telah ditentukan agar mereka tidak bingung dalam menentukan sendiri topik projeknya.

Jawaban :

Berdasarkan situasi yang diuraikan dalam teks, berikut adalah solusi yang tepat untuk setiap soal:

Soal A:

Saya bersama Pak Rudi menyusun alur tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

Langkah ini akan membantu Bapak Rudi dan Anda untuk fokus pada pengembangan tujuan pembelajaran yang spesifik dan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Soal B:

Saya akan bekerja sama dengan rekan sejawat untuk mencari tahu minat peserta didik di kelas tersebut dengan metode kontekstual dalam menentukan tema dalam pembelajaran berbasis projek.

Dengan mengetahui minat peserta didik, Anda dapat menyusun tema projek yang lebih relevan dan menarik bagi mereka, yang dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis mereka dalam pembelajaran berbasis projek.


80. Jika melihat situasi yang dialami Pak Rudi, upaya yang Anda lakukan dalam situasi tersebut adalah …

  • Saya berpartisipasi dalam komunitas belajar untuk menggali berbagai metode dan pendekatan dalam memberikan umpan balik yang memotivasi peserta didik. 
  • Saya menjalin dialog terbuka dengan rekan sejawat dan memahami perspektif mereka dalam menyampaikan umpan balik kepada peserta didik. 
  • Saya memotivasi peserta didik dengan menyampaikan umpan balik sesuai dengan hasil capaian belajar peserta didik dan saran perbaikannya. 
  • Saya mengadakan forum terbuka untuk saling berbagi strategi dan masukan dalam penyampaian umpan balik yang konstruktif terhadap peserta didik.

Jawaban :

Saya memotivasi peserta didik dengan menyampaikan umpan balik sesuai dengan hasil capaian belajar peserta didik dan saran perbaikannya.

Dalam situasi yang dihadapi Pak Rudi, penting untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan memotivasi peserta didik berdasarkan hasil capaian belajar mereka. Ini akan membantu peserta didik memahami kemajuan mereka dan memberikan arahan untuk perbaikan yang spesifik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

Contoh soal UKKJ Guru Muda ke Madya nomor 81 sampai nomor 83 klik di SINI

No comments