Pendidikan Sekolah

KI KD Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

0 Comments
Home
Pendidikan
Sekolah
KI KD Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
KI KD Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) – Pemerintah telah menyiapkan “Kurikulum Darurat” dengan menyederhanakan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) dari kurikulum 2013.

Melalui Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/ H/ KR/ 2020 pemerintah memberikan pilihan untuk melaksanakan kurikulum masa darurat (pandemic).

Walaupun demikian tetapi masih banyak sekolah yang tetap menggunakan KI dan KD pada Kurikulum 2013 Revisi secara utuh tanpa melakukan penyederhanaan.

KI KD Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
 
Khusus untuk keadaan darurat (masa pandemic) sekarang sekolah dapat menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga kurikulum tersebut menjadi lebih fleksibel.

Sekolah diberi pilihan untuk melaksanakan kurikulum antara lain:
  1. Tetap melaksanakan Kurikulum yang sudah ada (Kurikulum 2013)
  2. Menggunakan Kurikulum Darurat, atau
  3. Menyederhanakan Kurikulum secara mandiri

Ketiga pilihan diatas berlaku untuk semua jenjang pendidikan, yang artinya setiap sekolah boleh memilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut.

Begitu juga dengan KI KD Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK dapat disederhanakan sesuai dengan kebutuhan siswa dan sekolah dengan catatan tetap berpedoman pada kurikulum 2013 Revisi yang telah ditetapkan sebagai kurikulum nasional

Baca juga: KI KD Kurikulum Darurat SMA/SMK/MA

Berikut ini KI KD Dasar Desain Grafis - Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK yang menggunakan kurikulum 2013 revisi utuh tanpa penyederhanaan

KI - KD Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis - C2
Jam Pelajaran : 144 JP ( @ 45 menit)

Kompetensi Inti (KI) Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan



Kompetensi Dasar (KD) Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB 4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB
3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis 4.3 Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
3.4 Mendiskusikan berbagai format gambar 4.4 Menempatkan berbagi format gambar
3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain 4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor 4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek 4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor 4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) 4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek 4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
3.11 Mengevaluasi pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster) 4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)
3.12 Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) 4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)

Baca juga: KI KD Pemrograman Dasar - TKJ

Demikian KI KD Dasar Desain Grafis - Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Kurikulum 2013 Revisi yang dapat kita gunakan sebagai bahan menyusun rencana pembelajaran

No comments